Mengenal Tentang Rachmat Saleh yang Dimakamkan di San Diego Hills

Keberadaan San Diego Hill Memorial Park bukan seperti kuburan biasa, melainkan kuburan yang indah dan nyaman untuk mengenang orang yang kita cintai. Dengan konsep pemakaman yang mewah dan indah, bahkan ada area yang didedikasikan untuk para pahlawan dan tokoh nasional lainnya, salah satunya Rachmat Saleh.

Mengenal Rachmat Saleh

Pada tanggal 1 Mei 1930, Rachmat Saleh lahir di Surabaya, Jawa Timur. Ia menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dari tahun 1972 hingga 1983, dan menjabat sebagai Menteri Perdagangan ke-21 Indonesia dari tahun 1983 hingga 1988. Di era orde baru, ia juga salah satu tokoh yang berperan penting dalam pembangunan negara.

Rachmat Saleh adalah lulusan Jurusan Ekonomi Universitas Indonesia. Awalnya pada tahun 1956, ia menjabat sebagai pegawai Staf Umum Statistik Ekonomi. Dia ditugaskan di Reserve Bank of Mumbai, India, dan ditunjuk sebagai perwakilan sementara dari Badan Intelijen Bisnis AS. Pada tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai Asisten Sekretaris Perwakilan RI di Amsterdam, Belanda.

Pada 1980-an, Rachmat Saleh berhasil menerapkan strategi ekspor migas, dan pada 1984 ikut serta dalam upaya Indonesia mewujudkan swasembada beras. Selama periode ini, Rachmat Saleh masih menjadi Menteri Perdagangan.

Pemakaman Rachmat Saleh di San Diego Hills

Pada 11 Februari 2018, Rachmat Saleh meninggal dunia di Jakarta. Tepatnya, ia dimakamkan di tim seremonial militer di Pemakaman San Diego Hill di Karawang, Jawa Barat. San Diego Hill adalah pemakaman mewah yang mahal, namun dari fasilitas dan layanan yang diberikan, lingkungan sekitar San Diego Hill sangat hijau dan asri bahkan dijaga kebersihannya setiap hari, yang memang alami sehingga sepadan dengan harga makam yang ditawarkan.

Harga pemakaman yang ditawarkan San Diego Hill juga berbeda. Ini didasarkan pada posisi dan opini yang diperoleh serta faktor lain (seperti ukuran lot). Untuk sebuah makam, biayanya mulai dari Rp 63,5 juta hingga Rp 100 juta. Untuk perusahaan semi swasta, harga tanah kuburan berkisar antara Rp 250 juta hingga Rp 475 juta, tergantung lokasinya.

Bahkan ada tanah untuk satu keluarga beranggotakan sepuluh orang, harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Umumnya, semakin baik lokasinya, semakin mahal harganya. Jika ingin memberikan layanan pemakaman bagi banyak orang, San Diego Hills juga menawarkan paket pemakaman.

San Diego Hills dimiliki oleh PT Lippo Karawaci Tbk. Terdapat banyak fasilitas unik yang ditawarkan oleh San Diego Hills membuat area tersebut sering dikunjungi oleh mereka yang hanya ingin melihat-lihat kompleks makam dan bukan bertujuan untuk berziarah.

Siapa yang tidak penasaran dengan tempat yang disebut makam ini namun memiliki fasilitas keluarga seperti track untuk jogging dan bersepeda, danau yang indah, restoran italia, kolam berenang, gedung serbaguna, dan berbagai fasilitas keluarga lainnya yang menarik.

San Diego Hills memiliki banyak pilihan makam yang berlokasi di area yang berbeda-beda dan sudah dibagi berdasarkan area dan mansionnya. Bukan hanya pemakaman di bawah tanah juga namun juga ada bangunan untuk menyimpan abu sehingga bagi yang keluarganya dikremasi juga bisa menyimpang abu di sini.

Terdapat juga area Heroes Plaza yang digunakan sebagai tempat untuk pemakaman tokoh nasional tentunya area ini terpisah dari area lainnya untuk masyarakat. Di sinilah Rachmat Saleh dimakamkan bersama dengan tokoh nasional lainnya. San Diego Hills juga menyediakan area pemakaman khusus untuk jenazah covid-19 di tengah pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *