Mengenal Tentang Hari Sabarno yang Dimakamkan di San Diego Hills

Mantan Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Hari Sabarno yang menjabat pada era kepresidenan Megawati Soekarnoputri meninggal dunia pada tanggal 31 Mei 2019 di usianya pada 74 tahun. Almarhum Hari Sabarno dimakamkan di San Diego Hills yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Mengenal Tentang Hari Sabarno

Jenderal TNI Hari Sabarno merupakan seorang perwira TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang juga termasuk ke dalam anggota dari Kabinet Gotong yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Beliau lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 12 Agustus 1944 dan meninggal pada tanggal 31 Mei 2019 di Jakarta pada usia 74 tahun.

Pada tahun 1967, Hari Sabarno menamatkan studinya di bidang Akademi Militer di Magelang dan akhirnya lulus. Megawati Soekarnoputri kemudian mengangkat Hari Sabarno pada tanggal 12 Maret 2004 sebagai Menterio Koordinator Politik dan Keamanan untuk menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang telah mundur dari posisi tersebut.

Beliau menjabat menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam kabinet gotong royong di mana pada tahun 1997 – 1999 dan 1999 – 2004, ia juga pernah menjabat di DPR sebagai Ketua Fraksi di DPR. Hari Sabarno menerima promosi di tahun 2004 yaitu diberikan kenaikan pangkat yang merupakan bentuk penghormatan dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal bersama A.M Hendropriyono.

Pemakaman Hari Sabarno di San Diego Hills

San Diego Hill Memorial Park merupakan tempat perstirahatan terakhir Hari Sabarno. San Diego Hills sendiri merupakan tempat pemakaman yang menarik karena bisa dibilang kompleks makamnya sangat mewah dan juga memang dikhususkan untuk masyarakat kelas atas bahkan termasuk tokoh-tokoh nasional. Pemakaman ini sengaja dibangun dengan konsep menyerupai taman yang dipadukan dengan budaya di Indonesia.

Desain arsitektur makam yang ada di San Diego Hills telah disesuaikan dengan budaya dan agama ada di Indonesia sehingga siapa saja bisa dimakamkan di sini tanpa melihat ras, suku dan budanya. Tentu saja pembangunan makam tidak sembarangan karena telah disesuaikan dengan khaidah agama masing-masing. Setiap nuansa sudah dipisah berdasarkan lokasi dan mansionnya sehingga tidak akan terganggu dengan area makam yang lainnya.

San Diego Hills menyediakan berbagai pilihan tipe makam sehingga lebih mudah dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga lokasi yang diinginkan. Ada makam khusus untuk 1 orang yaitu Single Burial dengan batu nisan yang diletakkan di atas tanah. Ada juga tipe makam untuk 2 orang dalam 1 lubang yaitu Semi Private di mana telah ada pembatas pagar berupa tanaman dan juga dinding.

Uniknya, San Diego Hills juga memiliki pilihan makam untuk lebih dari 2 orang bahkan bisa hingga 10 orang atau lebih yang lebih cocok dibeli untuk keluarga besar sehingga tidak terpisah nantinya dan pastinya harga per makam juga akan lebih murah. beberapa lokasi lahan makam juga telah dilengkapi dengan bangku untuk mendukung kenyamanan bagi para peziarah.

San Diego Hills juga terkadang memberikan izin untuk membangun atau meletakkan hiasan pada makam namun hanya di beberapa lokasi tertentu saja. Tentu saja ini harus mendapatkan persetujuan dari pihak San Diego Hills terlebih dahulu apakah boleh dibangun bangunan, seperti apa yang boleh dan tidak boleh, dan lainnya.

Untuk mendukung kenyamanan para peziarah, tersedia banyak fasilitas yang sangat lengkap. Ini juga yang menjadi salah satu alasan tokoh nasional Hari Sabarno dimakamkan di San Diego Hills termasuk sebagian masyarakat lainnya dan juga artis-artis di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *