Mengenal Tentang Endang Rahayu Sedyaningsih yang Dimakamkan di San Diego Hills

Endang Rahayu Sedyaningsih lahir pada 1 Februari 1955 adalah seorang dokter, peneliti dan penulis Indonesia. Sejak tanggal 22 Oktober 2009, beliau menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia hingga beliau wafat di tanggal 2 Mei 2012.

Mengenal Tentang Endang Rahayu Sedyaningsih

Sedyaningsih memperoleh gelar kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 1979, dan Magister Epidemiologi Publik (MPH) dan Doktor Kesehatan Masyarakat (DrPH) dalam Epidemiologi Sosial dari Harvard School of Public Health pada 1997.

Sedyaningsih memulai pekerjaan klinisnya pada tahun 1979 di Rumah Sakit Pertamina Jakarta. Di tahun 1980, bergabung sebagai pelayanan kesehatan dan bekerja selama 3 tahun di Puskesmas Waipare di pelosok Nusa Tenggara Timur.

Kemudian di tahun 1983, beliau pindah ke Jakarta dan terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Endang bergabung dengan NIHRD di tahun 1997. Sedyaningsih telah menjadi peneliti di NIHRD selama lebih dari sepuluh tahun.

Beliau bekerja selama 6 bulan di markas besar Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss di tahun tahun 2001. Mulai dari tahun 1997 hingga 2006, Sedyaningsih memegang posisi penting di markas besar Organisasi Kesehatan Dunia Jenewa sebagai konsultan teknis untuk departemen pengawasan dan tanggapan penyakit menular.

Endang kemudian diangkat menjadi direktur Pusat Program Penelitian dan Pengembangan Biomedis NIHRD bersama dengan para peneliti lainnya di tahun 2007. Endang diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia serta menjadi salah satu anggota Kabinet Indonesia Bersatu terpatnya di tanggal 22 Oktober 2009.

Berita buruk datang pada tanggal 22 Oktober 2009, Endang didiagnosis menderita penyakit kanker paru-paru dan menerima perawatan ekstensif. Endang Rahayu Sedyaningsih berusaha melawan penyakitnya namun pada tanggal 20 April 2012, ia dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM Cipto Mangunkusumo) karena penyakit kronis yang dideritanya.

Ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Endang di rumah sakit tanggal 26 April 2012, ia mengundurkan diri sebagai Menteri Kesehatan karena sakit. Presiden Yudhoyono menandatangani No. 46 / P / 2012 pada tanggal 30 April 2012, sehingga mengakhiri masa jabatan Sedyaningsih sebagai Menteri Kesehatan Indonesia.

Endang meninggal dunia pada tanggal 2 Mei 2012 di RSCM di Jakarta pada usia 57 tahun. Keesokan harinya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar pemakaman kenegaraan di San Diego Hills Memorial Park di Karawang, Jawa Barat di area Heroes Plaza.

Tentang San Diego Hills

San Diego Hills merupakan sebuah kompleks pemakaman yang mewah dan elit dengan konsep taman yang indah bahkan ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang dan rumput yang hijau. San Diego Hills bahkan dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang tidak akan Anda temukan di tempat pemakaman lain di Indonesia.

Beberapa fasilitasnya seperti restoran, area untuk camping, jogging, bersepeda, danau, minimarket, kolam renang, dan berbagai fasilitas keren lainnya. Untuk pilihan lahan makam terdiri untuk 1 orang atau bahkan lebih dari 10 orang tanpa memandang suku dan agamanya. San Diego Hills telah menyediakan arsitektur makam di area tertentu yang telah disesuaikan dengan agama masing-masing.

San Diego Hills yang memiliki area Heroes Plaza adalah area untuk pemakaman para tokoh nasional sehingga almarhum Endang Rahayu Sedyaningsih juga dimakamkan di sini. Wajar jika banyak yang tertarik dengan tempat pemakaman yang satu ini karena memang sangat indah dan nyaman tidak terlihat seperti tempat pemakaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *