Mengenal Tentang Basofi Soedirman yang Dimakamkan di San Diego Hills

San Diego Hills merupakan pemakaman yang elit dan mewah bahkan sudah terkenal di Indonesia dengan konsep yang berbeda dari tempat pemakaman pada umumnya. Bahkan terdapat area yang dikhususkan untuk para pahlawan atau tokoh Nasional di mana salah satu tokoh yang dimakamkan di sini yaitu Basofi Soedirman. Wajar jika harga pemakaman San Diego Hills juga terbilang mahal.

Mengenal Tentang Basofi Soedirman

Mayor Jenderal TNI Basofi Soedirman adalah Gubernur Provinsi Jawa Timur yang telah menjabat dari tahun 1993 hingga 1998. Basofi Soedirman lahir tanggal 20 Desember 1940 di Bojonegoro, Jawa Timur. Basofi Soedirman memiliki cita-cita yaitu ia ingin menjadi seorang tentara yang sudah diinginkannya sejak kecil. Ini juga karena pengaruh dari sang ayah.

Kemudian di tahun 1960, Basofi Soedirman akhirnya menamatkan SMA-nya kemudian ia memutuskan untuk melanjutkan studinya di AMN Magelang. Ia kemudian melanjutkan karir militernya setelah lulus dari AMN.

Di tahun 1971 hingga tahun 1972, beliau menjabat sebagai komandan unit tempur. Kemudian tahun berikutnya pada tahun 1973 hingga tahun 1974 ia juga menjabat sebagai Komandan Batalyon Brawijaya 412. Dan juga di tahun 1981 hingga tahun 1983, beliau juga menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Kostrad.

Beliau juga merupakan Komandan Kodim 0824/Jember selama tahun 1997 hingga tahun 1978. Di tahun 1983 hingga di tahun 1984, ia juga pernah menjabat sebagai Asisten Teritorial Kodam IV/Brawijaya.  Kemudian pada tahun 1984 hingga tahun 1986, 9a menjabat sebagai Komandan Korem 083/Baladhika Malang hingga kemudian bergabung ke Mabes ABRI di mana sebelumnya ia masih menjabat sebagai Kasda, Kobam I/Bukit Barisan di tahun 1986 hingga tahun 1987.

Pada tahun 1979, Basofi Soedirman pernah mengikuti Seskogab di mana pada tahun lalu di tahun 1978, beliau juga pernah ikut serta dalam Seskoad. Sebelum menjadi Gubernur Jawa Timur, Basofi Soedirman pernah menjabat sebagai Ketua DPD Golkar di DKI Jakarta hingga kemudian di tahun 1987 ia diangkat menjadi Wakil Guberner DKI Jakarta dalam bidang pemerintahan.

Pemakaman Basofi Soedirman di San Diego Hills

Basofi Soedirman wafat tanggal 7 Agustus 2017 di Jakarta di usianya pada 76 tahun. Basofi Soedirman kemudian dimakamkan di San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat. San Diego Hills sendiri adalah pemakaman yang unik, lingkungannya sangat indah, pengunjung dapat yakin bahwa ziarah di sini akan memberikan kenyamanan bahkan bisa juga datang berkunjung untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan.

Di San Diego Hills terdiri dari banyak pilihan mansion di mana setiap mansion memiliki tipe makam yang berbeda-beda baik untuk 1 orang saja atau bahkan lebih dari 10 orang. Tentu setiap mansion juga telah memiliki desain arsitektur bangunannya sendiri bahkan San Diego Hills menawarkan nuansa makam yang telah disesuaikan dengan agama dan budaya yang ada di Indonesia.

Nuansa yang ada di San Diego Hills meliputi nuansa universal, nuansa Islam, dan nuansa Tionghoa. Setiap makam yang dibangun sesuai dengan nuansanya telah disesuaikan berdasarkan aturan dan kaidah dalam masing-masing agama sehingga bisa dilakukan pemakaman dengan layak dan yang berziarah juga dapat berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing.

Apabila Basofi Soedirman yang merupakan tokoh nasional sampai dimakamkan di San Diego Hills, tentu ada yang menarik dari pemakaman yang satu ini. Bisa dilihat dari fasilitas yang ditanamkan pada sebagian area dari San Diego Hills yang memberikan kenyamanan termasuk lingkungan yang hijau dan asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *